Satu Dasawarsa Banggai Laut

HARI ini tepat satu dasawarsa Banggai Laut. 14 Desember 2012 silam di gedung DPR RI diketuklah palu pada sidang paripurna DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Pada tanggal itu lahir satu Kabupaten lagi di Tano Banggai yakni Kabupaten Banggai Laut terpisah dengan Kabupaten Banggai Kepulauan. Rabu (14/12) hari ini, Pemerintah Kabupaten Banggai Laut melaksanakan upacara peringatan lahirnya Kabupaten Banggai Laut ke-10 (Satu Dasawarsa).

HUT Kabupaten Banggai Laut ke 10 terasa spesial karna di pimpin langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Ma’mun Amir.

HUT ke 10 Banggai Laut mengusung tema “Tingkatkan persatuan dan kesatuan menuju Banggai Laut yang maju dan berbudaya dengan kearifan lokal”.

Sebelum pelaksanaan upacara peringatan HUT Kabupaten Banggai Laut Ke 10, Ketua DPRD Banggai Laut Mahdiani Bukamo,membacakan sejarah terbentuknya Kabupaten Banggai Laut yang dimulai dari kerajaan Banggai. Kemudian menjadi bagian dari Kabupaten Banggai dan selanjutnya menjadi bagian dari Kabupaten Banggai Kepulauan dan 14 Desember 2012 DPR RI mensahkan Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Banggai Laut.

Baca Juga :  Partai Gerindra Banggai Salurkan Sembako untuk Wartawan Terpapar Covid-19

Setelah disahkan DOB Kabupaten Banggai Laut, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menunjuk Pejabat Bupati Kabupaten Banggai Laut, Drs.Moh. Hidayat Lamakarate M.Si. melaksanakan tugas selama dua tahun. Kemudian digantikan dengan Pejabat Bupati Drs.Furqanuddin Masulili M.M.

Pada tahun 2015 Kabupaten Banggai Laut melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pertama kali. Dan hasil pilkada kali itu memenangkan pasangan Wenny Bukamo sebagai Bupati definitif Pertama dan Wakil Bupati Tuty Hamid.

Kabupaten Banggai Laut kembali melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020. Dan pilkada kali itu dimenangkan pasangan Sofyan Kaepa dan Ablit H. Ilyas.

Sebelum Sofyan Kaepa dan Ablit H. Ilyas menjadi Bupati dan Wakil Bupati, Kabupaten Banggai Laut di pimpin tiga Bupati. Pertama Abdul Haris Jotolembah

Baca Juga :  Kokohkan Komitmen, PPDI Sulteng Gelar Rakerwil di Parigi Moutong

Pejabat Bupati Banggai Laut 26 September 2020 sampai dengan 5 Desember 2020, Pelaksana Tugas Bupati Tuty Hamid 5 Desember 2020 sampai dengan 17 Februari 2021dan Pelaksana Harian Bupati H. Ramli Nadjil 17 Februari 2021 sampai dengan 26 Februari 2021.

Saat ini pemerintahan Bupati Sofyan Kaepa dan Ablit H. Ilyas telah memasuki Tahun kedua. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh kedua putra terbaik Kabupaten Banggai Laut saat ini. Seperti yang sampaikan Wakil Gubernur dalam sambutannya, kemajuan-kemajuan yang dicapai, hendaknya disyukuri dan ditingkatkan, sementara terhadap kekurangan-kekurangan yang masih menjadi pekerjaan rumah, harus segera dibenahi dan diselesaikan dengan tuntas untuk memenuhi harapan masyarakat. (IK)