4 Perusahaan di Batui Serahkan Donasi Prosesi Adat Pengantaran Tumpe

Penyerahan Donasi 4 Perusahaan, dalam hal ini PT.PAU,PT.DSLNG,PT.JOB Tomori,PT.Pertamina EP, kepada Panitia Pelaksana Prosesi Adat Pengantaran Tumpe Kecamatan Batui, Kamis (24/11).[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM,Batui- Sebanyak empat perusahaan di Batui secara bersamaan, menyerahkan bantuan dana kepada Panitia Pelaksana Prosesi adat pengantaran Telur Maleo (Tumpe), yang dipusatkan di Aula Community Learning Center (CLC) DSLNG, Kamis (24/11).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dan disaksikan oleh Camat Batui, unsur Forkopimcam, Bosanyo, dan Lembaga Adat Kecamatan Batui.

Total bantuan secara keseluruhan empat perusahaan tersebut senilai Rp.50 Juta, yang nantinya akan di gunakan panitia untuk mensukseskan prosesi adat yang digelar setiap tahun itu.

Selain untuk mensukseskan prosesi adat tahunan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, menjalin hubungan baik dengan masyarakat adat Batui. Serta sebagai upaya menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang secara turun temurun di laksanakan di wilayah ini.

Baca Juga :  Pelaku Percobaan Pemerkosaan Gadis 19 Tahun Di Kebun Sawit Tertangkap, Begini Kronologisnya

Prosesi Kegiatan pengataran Tumpe digelar dengan beberapa rangkaian. Mulai dari Pengantaran Telur Maleo (Tumpe) di Keraton Banggai Laut, dan sekembalinya di lanjutkan dengan menggelar acara syukuran di rumah-rumah adat di Kecamatan Batui.

Sebagai informasi, empat perusahaan yang turut berkontribusi pada prosesi adat tersebut, yakni, PT.Panca Amara Utama (PAU), PT. DSLNG, Pertamina EP, dan PT.JOB Tomori.

Keseluruhan perusahaan tersebut beroprasi di wilayah Batui dan Batui Selatan, yang merupakan wilayah adat Batui. (NS/*)