Penutupan HKN Ke-58, Ini Harapan Wakil Bupati Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Peringatan HKN ke-58 di Tahun 2022, dapat dijadikan momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat, menghadapi goncangan seperti pandemi yang baru saja dialami.

Sistem kesehatan yang lebih kuat ini akan mampu diwujudkan melalui transformasi sistem kesehatan melalui 6 pilar transformasi. Yakni, transformasi layanan kesehatan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan, transformasi sdm kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Banggai Drs.Furqanuddin Masulili,MM saat menutup kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tahun 2022, di halaman Kantor UPT Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai, Minggu (13/11/2022).

“Saat ini adalah yang paling tepat melakukan reformasi atau perubahan-perubahan. HKN ke-58 menjadi peluang dalam mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih prima, lebih luas jangkauannya, dan juga lebih cepat dalam memberikan layanannya,” tutur Wabup Furqanuddin.

Lebih lanjut dikatakan, UPT RSUD Kabupaten Banggai sebagai salah-satu instansi yang menyelenggarakan Hari Kesehatan Nasional ke-58, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Banggai, khususnya di bidang kesehatan.

Olehnya itu kata Wabup, dengan motto Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun dapat menambah kepercayaan masyarakat Kabupaten Banggai untuk menggunakan Fasilitas Kesehatan milik pemerintah daerah ini.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati kembali berharap, semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58  ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat, sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan kembali tumbuh.

“Saya berharap, rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN berfokus dengan hidup bersih dan sehat, membuat generasi kita ke depan menjadi SDM yang berkualitas untuk daerah, bangsa, dan negara,” tutup Wabup mengakhiri sambutannya.

Seperti diketahui, peringatan HKN ke-58 Tahun 2022 di UPT RSUD Kabupaten Banggai telah dilaksanakan sejak tanggal 5 November 2022 lalu.

Kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan seremoni dan Jalan Santai sambil mengambil sampah di areal UPT RSUD. Kegiatan yang mengambil tema lokal UPT RSUD Kabupaten Banggai Siap Mempertahankan Akreditasi Paripurna ini, melakukan kegiatan lomba-lomba seperti Sepakbola Mini Wanita, Tarik Tambang, Nyanyi Solo, Dance Cuci Tangan, Lomba Ruangan Terbaik, Lomba Pegawai Favorit, Lomba Domino, dan juga Hospital Fashion Show. Sementara kegiatan non lomba Donor Darah, dilakukan pada tanggal 11 November 2022. Kegiatan lainnya juga yang dilakukan adalah Lomba Menu Sehat.

Menurut Ketua Penitia Pelaksana dr.Budiyanto Uda’a,So.KFR,.M.Ked
Klin, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dan penyaluran minat/bakat bagi seluruh Keluarga Besar UPT RSUD Kabupaten Banggai.

Yang membuat shock para undangan, adalah seseorang di atas tribun pingsan pasca pembacaan Laporan Kagiatan dari Panitia. Tindahan medis segera dilakukan oleh tim terlatih dari UPT RSUD Kabupaten Banggai.

Tamu dan undangan terlihat menahan nafas melihat insiden emergensi tersebut. Akan tetapi tindakan medis yang cepat membuat situasi menjadi normal kembali. Penanganan yang dilakukan hampir 10 menit tersebut membuat korban tertangani.

Kejadian tersebut ternyata adalah Simulasi Code Blue, dimana 𝘊𝘰𝘥𝘦 𝘉𝘭𝘶𝘦 adalah kode sistem aktivasi untuk kondisi gawat darurat untuk pasien yang membutuhkan pertolongan dan penanganan medis sesegera mungkin seperti pada kasus pasein mengalami henti jantung. Hadirin pun bertepuk-tangan.

Hadir dalam kegiatan penutupan peringatan HKN ke-58 di Tahun 2022 Wakil Bupati Banggai, beberapa Pimpinan OPD, para Ketua Organisasi Profesi, Direktur dan Wakil Direktur 1 UPT RSUD Kabupaten Banggai, para Dokter Spesialis, Dokter Gigi dan Dokter Umum, Kepala Instalasi, Kepala Ruangan, Kepala Komite, dan Kepala Unit-Unit di lingkungan UPT RSUD Kabupaten Banggai, para Pimpinan/Direktur Rumah Sakit Swasta serta undangan lainnya.

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng pertama yang dilakukan oleh Wakil Bupati Banggai yang kemudian diserahkan kepada Direktur UPT RSUD Kabupaten Banggai dr.H.Yusran Kasim,M.E, pencabutan doorprize dan pemberian hadiah bagi para pemenang perlombaan.(BP)