Cerita Petani Plasma PT.KLS, Miliki Penghasilan Puluhan Juta Perbulan

Kebun Plasma PT. Kurnia Luwuk Sejati (KLS)

BANGGAIPOST.COM,Moilong- Sistem plasma di Perkebunan Sawit PT.Kurnia Luwuk Sejati (KLS) terus dirasakan manfaatnya oleh para petani, dan terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Seperti diutarakan oleh Abidin, petani plasma asal Desa Mulyoharjo, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai.

Kepada BanggaiPost, Selasa (8/11), ia menceritakan perjalanan usahanya selama bermitra dengan perusahaan yang di dirikan Almarhum H.Murad Husain itu.

Awalnya, ayah dari 4 orang anak ini memiliki usaha kecil-kecilan, jualan kepiting. Diawal tahun 2010, ia didatangi warga, dengan maksud menawarkan lahan sawit seluas 2 Ha. Tanpa berfikir panjang dengan sisa modal yang ada, iapun membeli lahan tersebut, untuk kepentingan investasi jangka panjang.

“Sejak membeli lahan itu, sayapun langsung melepas usaha jualan kepiting. Dan menekuni profesi baru sebagai petani plasma,”terangnya.

Pendapatan dari hasil panen buah Sawit, ia tabung untuk kemudian digunakan membeli lahan baru, begitu seterusnya.

12 tahun menggeluti profesi sebagai petani plasma, kini Abidin, telah memiliki lahan Sawit seluas 30 Ha, dengan penghasilan rata-rata perbulan mencapai puluhan juta.

Dampak ekonomi yang dirasakan itu, telah menghantarkan anak-anaknya ke gerbang kesuksesan. Rata-rata berpendidikan sarjana.

“Ekonomi kami terbantu, setelah menjadi petani plasma di perkebunan sawit PT.KLS. Kami bermitra dengan sangat baik, para petani hanya menyiapkan lahan, selebihnya mulai bibit, pupuk diberikan perusahaan,”ujarnya.

Hadirnya PT.KLS nilai dia, adalah berkah bagi banyak orang. Ada Ribuan orang menjadi mitra kerja perusahaan. Mitra itu tersebar di Baturube, Pandauke,  Pasir Lamba, Bantayan, Toili dan Batui.

Selain petani, dampak ekonomi juga turut dirasakan bagi warga non sawit penyedia barang dan jasa di daerah ini.

“Semua orang dapat melihat fakta dan kenyataan daerah yang ada sawit binaan PT. Kurnia Luwuk Sejati, pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan perekonomian masyarakat sangat pesat. Karena perusahaan memiliki komitmen, menjalankan aturan perjanjian dengan baik,”pungkasnya. (NS)