Sekda Banggai Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi dengan Kemendagri, Menteri Tito: Harga Sembako Alami Penurunan

Foto: Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Sekretaris Daerah (Sekda) Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi secara virtual dari ruang rapat khusus Kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Senin (31/10/22).

Rakor tersebut diikuti oleh Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, dimana untuk Kabupaten Banggai sendiri, dihadiri oleh Sekda didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setda, Ir. Ferlyn Monggesang, M.Si, bersama Instansi terkait dan Unsur Forkopimda Banggai.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di kesempatan memimpin rapat, menyebutkan bahwa sebagian besar harga barang kebutuhan pokok per 28 Oktober 2022 berada pada tren penurunan yang signifikan jika dibandingkan bulan lalu dan minggu lalu.

Baca Juga :  Kasus Prostitusi Online di Luwuk Banggai, Satgas TPPO Amankan Mucikari & Lima PSK

“Namun perlu di waspadai kenaikan harga beras dan kedelai,” kata Mendagri mengingatkan.

Periode september, lanjut Tito, terjadi inflasi sebesar 1,17% sehingga secara year on year, angka inflasi nasional mengalami kenaikan menjadi 5 ,95 %.

“Ada 88 Pemerintah Daerah yang mengalami Inflasi , sementara ada 2 Pemerintah Daerah yang mengalami Deflasi, yaitu Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Timika,” tambah mantan Kapolri itu.

Rakor tersebut dihadiri pula oleh perwakilan Kementerian terkait dan beberapa perwakilan lembaga pemerintah non kementerian, diantaranya Badan Pusat Statistik, Kejaksaan Agung, Polri dan TNI.

Diketahui, Rakor Pengendalian Inflasi ini mulai digelar sejak 24 September 2022, dan terus dilaksanakan setiap hari Senin hingga tanggal 26 Desember 2022. (Dkf)