Amankan Pilkades, Polres Banggai Laksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan

Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Suprapto

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Polres Banggai menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan perhelatan Pilkades serentak gelombang ke I tahun 2022 di Kabupaten Banggai.

Pada apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak tahun 2022, yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Banggai Suprapto Ngatimin di halaman Mapolres Banggai, Kamis (20/10/2022) pagi, membacakan sambutan tertulis Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama SH, SIK, MH.

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut yakni, Kapolres Banggai, Wakapolres Kompol Margiyanta SH, MH, Pasi Ops Kodim 1308/LB, Kasi Pidum Kejari Banggai, Asisten I Kabupaten Banggai, Danki Brimob Subden II Den B Pelopor Polda Sulteng, Kadis PMD Kabupaten Banggai, para pejabat utama Polres Banggai dan instansi terkait.

Dalam sambutan tersebut, Ketua DPRD mengatakan, gelar pasukan saat ini dapat dijadikan sarana koordinasi dan dapat melihat kesiapan serta kekuatan personil yang akan dilibatkan pada pengamanan seluruh tahapan inti Pilkades gelombang I tahun 2022, sehingga tercipta situasi yang kondusif di wilayah Kabupaten Banggai.

“Tentunya kita masih mengingat pesta demokrasi pada Pilkades serentak tahun 2021, dimana masyarakat Kabupaten Banggai telah mampu menunjukkan kesadaran yang cukup tinggi dalam memilih dan menyampaikan aspirasinya sehingga secara umum pelaksanaannya dapat dinilai berhasil dan sukses,” ucapnya.

Lebih lanjut Ketua DPRD mengatakan, hal ini berkat partisipasi seluruh masyarakat dan segenap komponen yang ada di Kabupaten Banggai, sehingga pelaksanaan Pilkades tahun lalu dapat dijadikan pedoman atau acuan dalam pelaksanaan Pilkades serentak gelobang I tahun 2022.

“Untuk pelaksanaan Pilkades tahun ini, Polres Banggai dan jajaran serta didukung oleh Polda Sulteng, TNI dan Linmas Kabupaten Banggai serta seluruh stake holder siap mensukseskan dan mengamankan seluruh tahapan Pilkades serentak gelombang I tahun 2022,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Ketua DPRD, untuk mensukseskan pelaksanaan pengamanan Pilkades gelombang I tahun 2022, Polres Banggai melibatkan kekuatan sebanyak 457 personel ditambah dengan kekuatan BKO dari Brimob Polda Sulteng, TNI dan kekuatan Linmas.

Selain itu, Ngatimin menuturkan, Polres Banggai bekerja sama dengan seluruh pihak terkait telah melakukan upaya-upaya dalam rangka mensukseskan Pilkades antara lain, melakukan koordinasi dengan unsur Forkopimda Kabupaten Banggai dan seluruh instansi yang berkepentingan dalam pelaksanaan Pilkades dan mengajak semua komponen peserta Pilkades untuk sepakat menyukseskan Pilkades serentak gelombang I tahun 2022 dengan ketentuan–ketentuan yang tercantum dalam undang–undang Pilkades dan aturan–aturan lainnya.

“Harapan kita semua agar pesta demokrasi tingkat desa kali ini dapat berjalan dengan sukses, tertib, aman, lancar dan sesuai dengan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, maka perlunya kesadaran dan peran aktif seluruh masyarakat serta instansi terkait,” harapnya.(Hmp)